Senin, 25 Maret 2013

DONOR DARAH 23 MARET 2013


Makasaar-Sabtu, 23 Maret 2013. Himpunan Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan (HMJ-AK) Poltekkes Makassar menggelar kegiatan sosial, DONOR DARAH dengan tema "Darah untuk Saudaramu, Darah untuk Kesehatanmu". kegiatan ini terlaksana atas kerjasama HMJ-AK dengan UNIT DONOR DARAH (UDD) PMI Kota Makassar. Kegiatan ini merupakan kegiatan Donor Darah yang kedua dilakanakan di Jurusan Analis Kesehatan setelah sebelumnya dilaksanakan tiga bulan yang lalu (Jumat, 14 desember 2012).

Dalam kegiatan Donor Darah ini banyak yang ingin berpartisipasi mendonorkan darahnya. Namun, tidak semua orang yang memenuhi syarat sebagai pendonor. Beberapa diantaranya yang tidak memenuhi syarat sebagai pendonor karena berat badan kurang dari 45 kg, Hb dan tensi rendah, terkhusus bagi wanita sedang menstruasi, dll. Terhitung ada 20 orang yang berhasil mendonorkan darahnya, 19 pria dan 1 orang wanita.


Syarat-syarat teknis menjadi donor darah:
  • Umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
  • Berat badan minimal 45 kg
  • Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
  • Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  • Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
  • Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  • Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.
Manfaat dari DONOR DARAH:

Menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh
Salah satu manfaat kesehatan donor darah adalah menyeimbangkan kadar zat besi di dalam tubuh. Menurut penelitian, banyak orang yang mengonsumsi sayuran dan buahan untuk menyeimbangkan zat besi tubuh mereka. Namun dengan donor darah, zat besi dalam tubuh akan seimbang.

Mengurangi risiko kanker
Beberapa medis melakukan penelitian terkait donor darah. Hasilnya, dengan donor darah, tingkat zat besi dalam tubuh mengurangi perkembangan gejala kanker. Selain itu, kanker usus besar, paru-paru, hati, dan kanker tenggorokan dapat terhindar dengan kita malakukan donor danar.


Mengurangi kolesterol
Sel darah dalam tubuh mengandung kolesterol. Kolesterol baik dan buruk terdapat di dalam sel darah merah. Salah satu manfaat donor darah adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Mengontrol tekanan darah tinggi
Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari donor darah. Bila Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang. Hal ini untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, jantung yang sehat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.
Mengaktifkan sel-sel
Saat seseorang menyumbangkan darahnya, sumsum tulang belakangnya akan terangsang untuk menghasilkan sel darah merah baru dan membuat organ pembentuk darah berfungsi lebih efektif.

Pendeteksian penyakit sedini mungkin
Sebelum kita mendonorkan darah, dokter yang bertugas akan memeriksa darah kita terlebih dahulu. Ketika itulah dokter akan menginformasikan kondisi tubuh kita melalui screening awal terhadap darah tersebut. Kita dapat mengetahui apakah kita mengidap anemia atau tidak serta mengetahui apakah kita memiliki penyakit serius atau tidak seperti HIV, hepatitis, siphilis, malaria.

Menjaga kesehatan jantung
Seseorang yang rutin mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah lebih stabil dan hal inilah yang menurunkan risiko penyakit jantung.

Metode Diet yang Ampuh
Ternyata dengan mendonorkan darah dapat membantu mereka yang sedang dalam program diet. Dengan memberikan sekitar 450 ml darah akan membantu proses pembakaran kalori kira – kira sebanyak 650 cal. Donor darah juga dapat membuat pinggang menjadi lebih ramping.

Meningkatkan kesehatan mental
Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada saudara kita
yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan tersendiri dan menimbulkan perasaan positif. Hal inilah yang dapat meningkatkan kesehatan mental.



























 Satu-satunya cewe' yang berhasil mendonorkan darahnya.






#SETETES DARAH ANDA NYAWA BAGI MEREKA

Tidak ada komentar :

Posting Komentar