Jumat, 19 Juli 2013

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Analis Kesehatan

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, termasuk di Kota Makassar apabila memasuki bulan Ramadhan, kita akan menjumpai banyaknya kegiatan buka puasa bersama,  mulai dari masjid,   atas nama individu, instansi, bahkan sampai pada komunitas-komunitas kemahasiswaan. Begitu pula yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Makassar pada Kamis, 11 Juli 2013. Acara yang bertempat di kampus Analis Kesehatan, Jl. Wijaya Kusuma Raya No.56 ini, mengambil tema “Jalin Silaturahmi Dalam Kebersamaan Di Bulan Suci Ramadhan”.

Kegiatan yang dijadwalkan seharusnya dimulai pada pukul 17.00 WITA ini, molor hingga setengah jam berhubung melihat kondisi para hadirin yang belum memungkinkan. Tapi itu semua tidak mengurangi nilai positif dari acara buka puasa bersama ini, setelah Ustadz Firman selaku pembawa tausiyah pada sore itu membawakan tausiyahnya dengan penuh khidmat.

Tampak hadir pada acara tersebut Ketua Jurusan Analis Kesehatan Bapak H. Herman, S.Pd.,M.Kes, Bapak Rahman, S.Si.,M.Si selaku Ketua Prodi D3 Analis Kesehatan, Bidang Kemahasiswaan Jurusan Analis Kesehatan Bapak Drs. H. Muh. Nasir,M.Pd.,M.Kes, serta para dosen dan staf jurusan analis kesehatan.



Sebagaimana tema pada acara sore itu, Ustadz Firman memulai dengan mengatakan bahwa silaturahmi adalah kebutuhan sekaligus kewajiban bagi umat Islam. “Ukhuwah (rasa persaudaraan-ed)merupakan indikator keimanan seorang Muslim”, tambahnya. Sambil membacakan salah satu ayat dalam surat Al Hujurat, Ustadz Firman mengatakan bahwa inilah surat dalam Al Qur’an yang hampir secara keseluruhan membicarakan tentang adab bagaimana seharusnya kita berakhlaq kepada sesama manusia. Beberapa poin penting yang terkandung dalam Surah Al Hujurat yang disampaikan Al Ustadz dalam tausiyah tersebut yakni, kita dilarang mengolok-olok, dilarang menghina dan merendahkan orang lain, dilarang memanggil orang lain dengan gelar yang buruk, dan dilarang mencari-cari kesalahan orang lain.

Setelah uraian singkat seputar akhlaq yang disampaikan oleh Ustadz Firman,  acara ditutup dengan membaca do’a yang dipimpin sendiri oleh Ustadz. Acara kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama. Berbagai jajanan disuguhkan panitia kepada jama’ah yang hadir (mahasiswa, dosen dan staf jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Makassar), mulai dari kurma, es buah, dan bermacam-macam kue lainnya.

Selepas shalat maghrib secara berjama’ah, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama di tempat itu juga. Tampak suasana persaudaraan, dan keceriaan dari para hadirin. Acara ini tidak lain bertujuan agar menjadi salah satu uslub (cara-ed) untuk menyadarkan civitas akademika, baik itu mahasiswa maupun para dosen tentang pentingnya silaturahmi.[LAA]

Foto-foto Kegiatan Buka Puasa Bersama Keluarga Analis Kesehatan:























Tidak ada komentar :

Posting Komentar