Rabu, 12 Maret 2014

SEJARAH SINGKAT HMJ-AK PKM



SEJARAH SINGKAT
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ANALIS KESEHATAN
POLTEKKES KEMENKES MAKASSAR


      Keberadaan lembaga mahasiswa menjadi sangat penting apabila kita menyadari peran dan fungsi lembaga tersebut terkontribusi dalam mengimplementasikan ilmu yang di peroleh di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas. Lembaga kemahasiswaan sebagai miniatur lembaga-lembaga kampus maupun masyarakat juga merupakan suatu wadah untuk melanjutkan cita-cita kemahasiswaan yaitu menjadikan seluruh kegiatan lembaga kemahasiswaan sebagai proses pengkaderan yang diharapkan akan menghasilkan manusia yang intelek, humanis, sosialis dan dinamis.

      Salah satu unsur terpenting dalam perguruan tinggi adalah mahasiswa. Mahasiswa dalam melaksanakan poroses akademik tidak terlepas dari pengaruh faktor internal. Faktor internal yang dimaksud adalah kondisi atmosfer akademik dalam kampus sedangkan untuk faktor eksternal sangat dipengaruhi oleh kondisi sosial masyarakat, baik yang ada disekitar kampus maupunn masyarakat secara keseluruhan.


      Untuk mewadahi atau menfasilitasi kedua faktor tersebut mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika yang ada di kampus perlu suatu wadah dalam menjalankan aspirasinya, baik aspirasi untuk kepentingan mahasiswa itu sendiri maupun aspirasi masyarakat secara keseluruhan. Untuk itulah mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan  yang ada di Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar perlu suatu wadah untuk menampung dan menjalankan aspirasi serta memenuhi potensi atau bakat yang ada pada mahasiswa, sehingga dibentuklah suatu wadah atau lembaga kemahasiswaan yaitu Himpunan  Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan Politeknik  Kesehatan Makassar ( HMJ-AK PKM ).

      Selama di tetapkannya sebagai lembaga  pendidikan  khususnya  yang sebelumnya bernamakan SMAK (Sekolah Menengah Analis kesehatan) pada tahun 1990-an maka dibentuklah organisasi Siswa Intra Skolah (OSIS) sebagai organisasipembawa aspirasi dari siswa seperti pada skolah tingkat menengah keatas lainnya. Setelah penetapan Oleh Dep.Kesehatan pada tahun 2000 SMAK berganti nama menjadi AAk (Akademi Analis Kesehatan) dan pada tahun 2002 AAK bergabung dengan Poltekkes Makassar menjadi Jurusan Analis kesehatan sebagai lembaga perguruan tinggi  yang langsung di naungi oleh kementrian kesehatan , organisasi kemahasiswaan  pun berganti nama menjadi HMJ-Ak (Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan ) seperti Organisasi perguruan Tinggi di tinggkat Poltekkes lainnya. HMJ-AK  di bentuk pada tanggal 8 oktober 2002, pembentukan HMJ-AK melalui diadakannya Musyawarah Besar pertama kali di laksanakan, yang langsung dibawah pengawasan Lembaga tinggi poltekkes yakni Badan perwakilan Mahasiswa (BPM).

      Sebagai lembaga formal dan independent dalam kampus jurusan Analis kesehatan  Politeknik Kesehatan Makassar pembentukan HMJ-AK diawali dengan pembentukan 5 departemen dibawah sebagai bagian dari HMJ-Ak yang bekerja secara Spesifik sesuai dengan departemen masing-masing.
Nama-nama ketua HMJ-AK PKM:
  1. ...........
  2. Muchtar  (2004-2005)
  3. Bintang (2005-2006)
  4. Ahmad Yusran (2006-2007)
  5. Rahmat Nugraha (2007-2008)
  6. Daris Banaung (2008-2009)
  7. Sudarmin (2009-2010)
  8. Rahmat Aryandi ( 2010-2011)
  9. Fardhy Perdana Putra Basri (2011-2012).
  10. La Ode Abdul Aslhan Mukmin (2012-2013)
  11. Yulianto (2013-2014)
  12. Rizka Amalia Idris (2014-2015)

1 komentar :