Rabu, 12 Maret 2014

STRUKTUR ORGANISASI DAN JOB DESCRIPTION HMJ-AK PKM

STRUKTUR ORGANISASI DAN "JOB DESCRIPTION"
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN ANALIS KESEHATAN
POLTEKKES KEMENKES MAKASSAR





DESKRIPSI TUGAS DAN WEWENANG PENGURUS INTI

1. Ketua Umum
  • Bertanggung jawab penuh terhadap aktivitas dan kinerja Himpunan  Mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar selama satu periode kepengurusan.
  • Sebagai koordinator kebijakan HMJ-AK PKM, baik internal maupun eksternal.
  • Menjalankan fungsi kepemimpinan lembaga kemahasiswaan di tingkatJurusan  Poltekkes kemenkes Makassar.
  • Memberikan pengarahan dan pendampingan dalam berjalannya roda organisasi.
  • Membuat kebijakan  dan strategis HMJ_AK  PKM.
  • Memberikan mandate, mengangkat, dan memberhentikan pengurus serta badan kepanitiaan lainnya.
  • Mengkoordinasikan seluruh program dan kegiatan  HMJ-AK PKM.
  • Mengkoordinasikan fungsi setiap Departemen  sehingga tercipta sinergitas kepenggurusan.
  • Bertanggung jawab terhadap seluruh kebijakan yang dikeluarkan oleh HMJ-AK PKM.


2. Wakil Ketua Umum
  • Menjadi partner kerja ketua 
  • Menyampaikan informasi, memberikan masukan dan evaluasi kepada ketua terkait dengan berbagai perkembangan, persoalan, dan kebijakan
  • Sebagai second leader yang membantu dan membackup tugas Ketua Umum
  • Membantu ketua dalam mengontrol dan menjalankan tugasnya
  • Menggantikan ketua dalam menjalankan tugasnya bila ketua berhalangan
  • Menjadi koordinator lapangan 
  • Membantu tugas ketua umum dalam merencanakan, mengatur, mengkoordinir, dan mengawasi seluruh pergerakan atau kegiatan yang dilakukan oleh HMJ
  • Bersama-sama ketua menetapkan kebijaksanaan
  • Memberikan saran kepada ketua dalam mengambil keputusan
  • Bertanggung jawab kepada ketua



3. Sekretaris Umum
  • Mengatur keadaan internal HMJ-AK PKM.
  • Melakukan proses pengarsipan terhadap semua kegiatan di HMJ-AK PKM.
  • Membangun rasa kekeluargaan dan kesolidan untuk PH HMJ-AK PKM Bekerja sama dengan Departemen  Kesekretariatan terkait Pengarsipan dan tata kerja Kesekretariatan di HMJ-AK PKM
  • Mengontrol setiap kegiatan dan kebijakan yang ada di HMJ-AK PKM
  • Meningkatkan kapasitas dan integritas PH HMJ-AK PKM.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada KETUA umum  sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.


4. Bendahara Umum
  • Mengatur sistem pengelolaan keuangan di HMJ-AK PKM.
  • Melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap penggunaan dana kemahasiswaan di kampus Analis Kesehatan Poltekkes Makassar.
  • Membentuk komunitas Bendahara lembaga di kampus yang memiliki moralitas, intelektualitas, dan mentalitas yang baik.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada Ketua Umum  sebagai bahan evaluasi tiap akhir bula.


5. Wakil Bendahara Umum
  • Membantu bendahara dalam segala urusan keuangan yang diperlukan
  • Ikut membantu mengawasi pemasukan / pengeluaran yang diperlukan
  • Membantu mencatat segala kegiatan untuk bahan laporan keuangan secara berkala dan menyiapkan tanda bukti pembayaran kwitansi
  • Mewakili Bendahara apabila berhalangan hadir terutama untuk setiap aktivitas di bidang pengelolahan kekayaan dan keuangan organisasi.
  • Merumuskan dan mengusulkan segala peraturan organisasi tentang system pembukuan keuangan organisasi untuk menjadi kebijakan organisasi.
  • Menyelenggarakan aktifitas pembukuan terhadap transaksi pengeluaran dan pemasukan keuangan secara rutin.



DESKRIPSI TUGAS DAN WEWENANG DEPARTEMEN

1. Departemen Administrasi dan Kesekretariatan (ADK)
  • Bertanggung jawab dalam pengelolaan fisik kesekretariatan HMJ_AK PKM sehingga terasa nyaman.
  • Pengelolaan  secretariat HMJ_AK PKM  Politeknik Kesehatan Makassar Center sebagai penampung aspirasi.
  • Memberikan pelayanan kepada mahasiswa terkait dengan advokasi.
  •  Memberikan laporan secara tertulis kepada Sekretaris umum dan ketua umum sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.
  • Gambaran kegiatan  yang menjadi tanggung jawab
  • pencatatan  barang inventaris di setiap kepengurusan
  • penataan lingkungan kesekretariatan dan renovasi secret.
  • Pengadaan barang-barang senat dan penyusunan tata tertib kesekretariatan.


2. Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi (PSDMO)
  • Melakukan Perekrutan anggota HMJ-AK PKM Membangun jaringan dengan lembaga lain dalam proses kaderisasi
  • Membentuk kelompok belajar bekerjasama dengan BEM.BPM, HIMA/HMJ di Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar.
  • Melakukan pendataan mahasiswa Politeknik Kesehatan Makassar, Membentuk karakter kepemimpinan dengan penguatan pada moralitas, intelektualitas, dan mentalitas.
  • Melakukan pengawasan dan upgrading skill pengurus dan anggota BEM pada khususnya serta mahasiswa Politeknik Kesehatan Makassar pada umumnya
  • Bertanggung jawab atas kinerja dari dibawahnya.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada Presma sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada ketua umum sebagai bahan evaluasi setiap bulanya.
  • Gambaran kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  • Pengadaan kegiatan  pelatihan kepemimipinan, study club, perlombaan madinng, cedas cermat dll.
  • Membantu dalam menyediakan fasilitas belajar  Seperti:  pengadaan buku, alat-alat laboratorium. Serta mengenalkan laboratorium kampus kepada mahasiswa baru.


3. Departemen Hubungan Masyarakat (HUMAS)
  • Melakukan fungsi pencitraan untuk  HMJ-AK PKM.
  • Bekerja sama dengan semua Departemen  untuk menjalankan fungsi kelembagaan ,Menginformasikan semua jenis kegiatan HMJ-AK PKM melalui segala jenis media yang ada .
  • Membuat dan memperkuat media online (FB,SMS,Blog,dll) untuk mempermudah alur komunikasi dengan lembaga intra maupun ekstra kampus.
  • Meningkatkan pelayanan sosial dan kesejahteraan bagi mahasiswa dan masyarakat.
  • Menumbuhkan rasa solidaritas dan kepedulian social di lingkungan Kampus.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada Ketua umum  sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.
  • Gambaran kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  • Melaksanakan kegiatan social seperti: donor darah, bakti social, giving day, analis peduli, go green dll.
  • Melaksanakan kegiatan silaturahmi ke berbagai organisasi lingkungan poltekkes
  • Membuat media online sebagai sarana komunikasi dalam kelembagaan.


4. Departemen Kewirausahaan.
  • Membangun kultur berwirausaha di HMJ_AK PKM  secara khusus dan kampus secara umum.
  • Mengadakan kegiatan yang berorientasi keuntungan untuk memberikan tambahan dana bagi kegiatan HMJ-AK PKM.
  • Meningkatkan kemampuan Enterpreneur mahasiswa.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada Ketua umum  sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.
  • Gambaran kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  • Program  pengadaan atribut  mahasiswa  seperti, baju olahraga, papan nama, kotak alat, dll.
  • Bursa buku, pengadaan koperasi sederhana bagi mahasiswa.
  • Pengadaan sertifikat bagi penggurus HMJ-AK PKM.


5. Departemen Seni Dan Olahraga.
  • Menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat bidang Seni dan Olahraga pengurus HMJ-AK PKM maupun warga kampus.
  • Memberikan apresiasi bagi mahasiswa Politeknik Kesehatan Makassar yang memiliki prestasi dalam bidang Seni dan olahraga.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada Ketua umum  sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.
  • Gambaran kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  • Kegiatan pemantapan  tim  Olah raga (Contoh: Futsal, Volley Ball, dll)
  • Kegiatan Kesenian (Contoh: Paduan suara mahasiwa).
  • Perlombaan olahraga dan seni internal maupu eksternal kampus.
  • Fun day, jalan sehat dll.


6. Departemen Kerohaniaan Islam.
  • Mengadakan training atau pelatihan dalam mengembangkan potensi keagamaan .
  • Mengkoordinir kegiatan-kegiatan keagamaan dalam kampus.
  • Melakukan  kegiatan dan menginformasikegiatan  keagamaan.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada ketua umum sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.
  • Gambaran kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  • Melaksanakan kegiatan pesantren kilat/ peninjau (pesantren hijau)
  • Melaksanakan kajian-kajian islam seperti , mentoring wajib, kajian islam, dan pengaktifan musholla.
  • Mensyiarkan kegiatan keagamaan melalui bulletin, sms dll.


7. Departemen Kerohaniaan Kristen .
  • Mengadakan pelatihan dalam mengembangkan potensi keagamaan .
  • Mengkoordinir kegiatan-kegiatan keagamaan  dalam  kampus.
  • Memberikan laporan secara tertulis kepada ketua umum sebagai bahan evaluasi tiap akhir bulan.
  • Gambaran kegiatan yang menjadi tanggung jawab.
  • Melaksanakan kegiatan-kegiataan keagamaan seperti: ibadah khusus, sharing doa.
  • Mengkoordinir kegiatan keagamaan seperti: natal bersama, paskah bersama, bina akrab, dll.
  • Menjalin kerja sama dalam bidang keagamaan dengan jurusan lain di lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar